Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Sukseskan Hari Peduli Sampah, Pemkot Ambon Gelar Car Free Day





Lagu Terbaik Tahun 2021
Press Confrens Soal Car Free Day
Ambon, orasirakyat.com: Demi untuk mensuseskan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 yang jatuh pada tanggal 21 Februari lalu.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLKP) Kota Ambon menggelar Car Free Day atau hari bebas sampah yang dipusatkan di Jalan AY Patty pada tanggal 22 April mendatang dari pukul 06:00 Wit hingga pukul 10:00 Wit.

Car Free Day menghadirkan Dirjen pengelolaan sampah dan Limba B3  Rosa Vivian dengan take line  'Ambon Bisa Barsih Mo'  bahkan berbagai kegiatan olahraga dan panggung hiburan akan dihadirkan dalam kegiatan ini.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menetapkan Indonesia bebas sampah 2025, sehingga pelaksanaan Car Free Day untuk menjadi Kota Ambon bebas sampah.

"Kita tidak boleh melihat sampah sebagai musuh tapi, sampah sebagai kawan yang menghasilkan potensi ekonomi potensial yang beramanfaat bagi masyarakat,'' terangnya.

Dia mengakui, Car Free Day bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kualitas udara, karena itu masyarakat diajak untuk menggunakan kendaraan yang tidak menimbulkan polusi udara, sehingga masyarakat dapat beraktivitas menggunakan sepeda.

"Dalam kegiatan Car Free Day masyarakat diajak untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor tapi, gunakan sepeda, berolah raga dan makanan yang tidak menimbulkan sampah,'' ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam kegiatan Car Free Day semua stake holder  akan dilibatkan diantaranya, TNI, POlri, ASN Pemkot, masyarakat Kota Ambon serta komunitas.

"Kita membutuhakn partisipasi semua pihak untuk menjadikan Kota Ambon bebas sampah 2025,'' tandasnya. (OR-02)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama