Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Pelaksanaan Car Free Day, Di Isi Dengan Aksi Punggut Sampah





Lagu Terbaik Tahun 2021
Pelaksanaan Car Free Day Kota Ambon
Di Isi Dengan Aksi Punggut Sampah
Ambon, orasirakyat.com: kegiatan aksi punggut sampah (memungut sampah) menjadi bukti kepedulian masyarakat dan pemerintah kota Ambon, yang dilakukan dalam rangkaian acara Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor.

Aksi tersebut dipimpin langsung oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivian Ratnawati bersama Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan sejumlah forkopinda Maluku, Forkopinda Kota Ambon, TNI, Polri dan komunitas peduli lingkungan.

Pelaksanaan Car Free Day oleh pemerintah Kota Ambon ini bertepatan dengan puncak pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018, olehnya demi mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan maka Pemerintah Kota Ambon menggelar kegiatan Car Free Day (CFD) disertai aksi pungut sampah, yang terpusat di kawasan jalan A.Y.Patty, dan berlangsung sejak Pukul 06.00 – 11.00 WIT, Minggu (22/4).

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon saat ini sebagai puncak pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2018 lalu karena itu, Kota ambon dipercayakan oleh Pemerintah untuk menjadi salah satu dari 11 kota di Indonesia untuk melaksanakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

"Sebagai wali kota atas nama masyarakat Kota Ambon saya ucapkan terima kasih kepada ibu dirjen yang berkenan hadir di Kota Ambon manise untuk bersama-sama merayakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor," ujarnya disela-sela pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Dia menjelaskan, tema HPSN yakni Sayangi Bumi Bersihkan Sampah dengan take line ' Ambon Bersih Bisa Mo' memgajak kita untuk bersihkan bumi dari sampah.

"Tema relevan bagi kondisi saat ini, karena sampah menjadi persoalan dimana-mana baik skala nasional, global dan international," paparnya.

Dia meminta, setiap daerah harus menyusun kebijakan daerah untuk pengeloaan sampah.

"Kalau Kota Ambon dapat adipura buat kebijakan strategis dan kebijakan sampah harus dihitung berapa banyak sampah yang dikelola, makanya saya minta kepada warga kota ambon kesadaran dari diri untuk mengurangi sampah," akuinya (OR-02)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama