Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

BPBD Kota Ambon Lakukan Simulasi Tanggap Bencana Bagi Masyarakat





Lagu Terbaik Tahun 2021
Simulasi Tanggap Bencana
Oleh BPBD Kota Ambon
Ambon, orasirakyat.com: Bencana adalah peristiwa yang terjadi oleh berbagai faktor, baik yang diakibatkan oleh ulah manusia maupun oleh karena Alam.

Olehnya, demi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal mengantisipasi terjadinya bencana (Tanggap Bencana), maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon melakukan simulasi bencana yang dipusatkan dilapangan bola Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon.

Pelaksanaan simulasi dilakukan untuk melaksanakan kegiatan Hari kesiapan Bencana Nasional yang jatuh pada tangal 26 April dengan melibatkanPalang Merah Indonesia (PMI), masyarakat dan para siswa SD Al-Hilal, Desa Laha, Kamis (26/4).

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Kota Ambon Mohhamad Abdullah Asis mengatakan, simulasi bencana yang dilaksanakan BPBD KOta Ambon di Desa Laha bertepatan dengan hari kesiapsiagaan bencana yang jatuh pada pada 26 April 2018.

"Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) Pusat memberikan petunjuk bahwa setiap tangal 26 April ditetapkan sebagai hari kesiapsiagaan bencana yang diperingati secara nasional di seluruh daerah, karena itu semua daerah melaksanakan simulasi kesiap siagaan bencana,''ungkapnya disela-sela simulasi.

Dia menjelaskan, Kota Ambon merupakan kota rawan bencana, karena itu dampak bencana dapat meningkat setiap tahun pada kehidupan sosial, ekonomi dan kelestarian linkungan, karena itu pihak BPBD Kota Ambon mengajak semua masyarakat untuk tanggap bencana, menggingat Desa Laha merupakan salah satu desa tangguh bencana.

"Kami memilih Desa Laha sebagai lokasi simulasi, karena kita ingin menguji kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana, karna Desa Laha masuk dalam desa tanguh bencana, sehingga BPBD Kota Ambon mengajak semua masyarakat untuk melakukan evakuasi mandiri menghadapi skenario bencana,"terangnya.

Dia mengakui, dalam melakukan simulasi pihaknya melibatkan PMI, masyarakat Desa Laha, para siswa SD Al-Hilal, Desa Laha.

"Partisipasi masyarakat Desa laha cukup luar biasa dalam mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi,'' katanya.

Dia berharap, dengan simulasi bencana masyarakat dapat mengenal risiko bencana, mengelola ancaman, dan memiliki kepekaan dalam menghadapi bencana.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap resiko dan dampak dari bencana,''tandasnya.(OR-11)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama