Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

BPBD Kota Ambon Lakukan Pemulihan Psikologi Warga Soabali





Lagu Terbaik Tahun 2021
BPBD Kota Ambon
Lakukan Pemulihan Psikologi Warga Soabali
Ambon, orasirakyat.com: Sebagai bentuk empati, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Kota Ambon melakukan kegiatan pemulihan psikologi warga RW 02 dan RW 003 Soabali, Kelurahan Silale, Kecamatan Sirimau paska kebakaran Soabali tahun 2016.

Pemulihan psikologi menghadirkan Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Ambon, Ronald Lekransi, Ustadz Nazarudin Wasroni, ketua RT dan masyarakat korban kebakaran Soabali, di lokasi Soabali, Sabtu (28/4).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Ambon Ronald Lekransi mengatakan, paska bencana kebakaran anak-anak mengalami trauma yang mendalam, karena itu BPBD Kota Ambon mengambil peran dalam pemulihan psikis paska bencana.

"Kita lakukan berbagai kegiatan kepada orang tua dan anak-anak, karena kita pernah melakukan pemulihan hanya kepada anak-anak makanya, kita kembangkan ke orang tua dan anak," terangnya disela-sela pemulihan psikologi warga Soabali.

Dia mengakui, pihak BPBD Kota Ambon telah melakukan pemulihan psikis dengan memberikan berbagai edukasi dan diskusi dimana, saat ini kondisi psikis warga telah mencapai 80 persen pemulihan.

"Kita gunakan tiga orang psikologi dari Unpatti yang dapat membantu memulihkan kondisi psikologi warga, karena itu kondisi warga semakin membaik,"

Diharapkan, pemulihanpsikolgi bukan untuk merubah mereka, namun dapat mengurangi perasaan emosional paska bencana kebakaran.

" Saya berharap kondisi warga akan semakin baik paska pemulihan yang dilakukan BPBD Kota Ambon,"harapnya.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen Damin Rumuar menambahkan, kegiatan bertujuan masyarakat rentan terhadap bencana dipulihkan dari gangguan kesehatan mental, spiritual dan mampu berinteraksi secara normal serta dapat meningkatkan hidup sosial di lingkungangan. (OR-O2)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama