Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Berstatus Mantan Narapidana Talahattu Mesti Dicopot Jabatannya





Lagu Terbaik Tahun 2021
Jacky Talahattu
Mantan Narapidana Yang Kini Menjabat
Kepala Keuangan Kota Ambon
Ambon, orasirakyat.com: Pengangkatan Mantan Narapidana Jacky Talahattu sebagai Kepada Badan Pengelolaan Keuangan Kota Ambon, ternyata menimbulkan pro dan kontra didalam masyarakat tidak terkecuali dalam tubuh birokrasi Pemerintah Kota Ambon.

Hal tersebut tidak saja menyalahi berbagai aturan yang berlaku, akan tetapi pengangkatan Jacky Talahattu yang berstatus mantan Narapidana kasus korupsi menimbulkan Image buruk bagi wajah pemerintah Kota Ambon, serta bagi kepentingan terciptanya birokrasi yang bersih dan bebas dari Korupsi.

Berdasarkan data terakhir yang berhasil dihimpun oleh Media ini, ternyata telah ada surat keputusan bersama yang merupakan hasil kesepakatan antara Deputi Bidang Pencegahan KPK dengan Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian BKN pada Tanggal 04 Desember 2017.

Yang dilanjutkan dengan Pertemuan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Tanggal 01 Februari 2018.
Surat Keputusan Bersama KPK, ASN dan KASN
Tentang Narapidana Yang Mesti Dicopot Dari Jabatan

Selanjutnya terjadi Pertemuan susulan oleh PIC Manajemen ASN beserta Tim dari unit kerja koordinasi dan supervisi bidang pencegahan (Korsubgah) KPK dengan Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian BKN dan Direktur Kode Etik, Disiolin dan Pemberhentian, dan Pensiun PNS-BKN pada tanggal 08 Februari 2018

Maka didapati fakta bahwa adanya kesepakatan penting sebanyak dua buah Item dalam rangka mendorong penegakan ASN yang bersih dan bebas Korupsi dan telah berlaku sejak tanggal 01 Maret 2018 yakni; yang pertama Pemberhentian tidak dengan hormat terhadap ASN yang telah ditetapkan dalam keputusan hukum tetap (Inkracht) dinyatakan bersalah dalam kasus tindak pidana korupsi dan yang kedua yakni; Pengangkatan,Pemindahan, Pemberhentian, dari jabatan yang terindikasi dugaan suap/pungli.

Oleh sebab itu, berdasarkan fakta diatas, maka sudah semestinya Jacky Talahattu yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kota Ambon, dicopot dari jabatannya sebab jika merujuk pada dua butir kesepakatan bersama KPK dan ASN dan KASN itu, maka Jacky Talahattu yang berstatus mantan Narapidana dan telah memiliki keputusan hukum tetap harus segera dicopot dari jabatannya.

Akan tetapi hingga berita ini diterbitkan, belum ada tanggapan apapun dari pihak yang berwenang terkait persoalan ini. (OR-08)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama