Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Perusahan Harus Transparan Rekrut Tenaga Kerja

Carolina Silooy
Ambon, orasirakyat.com: Setiap perusahan maupun badan usaha harus transparan dalam merekrut tenaga kerja yang ada di Kota Ambon.

Akui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon Carolina Silooy kepada wartawan, Kamis (27/7).

Menurut dia, dalam surat edaran Wali Kota Ambon nomor 560/16/se/2017 tentang perusahan wajib lapor perluasan kesempatan kerja oleh setiap perusahaan, badan usaha maupun instansi pemerintah.

"Pengusaha wajib membuat laporan ketenagakerjaan sesuai dengan keadaan yang yang ada, dimana dalam laporan perusahaan harus memuat identitas perusahaan, hubungan ketenagakerjaan, perlindungan dan kesempatan kerja,''ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini banyak perusahaan, badan usaha maupun instansi pemerintah yang merekrut tenaga kerja tanpa diketahui Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon, sehingga pihak Dinas tenaga Kerja Kota Ambon kesulitan memberikan informasi kepada masyarakat.

"Kita lakukan sosialisasi secara rutin kepada perusahan, badan usaha maupun instansi pemerintah, namun dari sekian banyak perusahaan hanya beberapa saja yang melaporkan info lowongan kerjanya,''paparnya.

Dia menjelaskan, setiap tahun terdapat ribuan lulusan sekolah menengah atas (SMA) maupun perguruan tinggi (PT) di Kota Ambon yang belum mendapatkan pekerjaan, akibat perekrutan tenaga kerja secara sepihak bahkan informasi yang diberikan untuk kalangan tertentu sehingga, mempersulit masyarakat dalam memperoleh informasi lowongan kerja.

"Jumlah pengangguran dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, akibat tidak ada informasi perekrutan tenaga kerja secara terbuka dan transparan,''akuinya.

Dia mengakui, Dinas Tenaga Kerja berkewajiban untuk menjembatani dan menempatkan para pencari kerja sesuai kompetensi yang dimiliki.

"Semua pencari kerja harus memiliki kartu kuning dengan demikian informasi yang siapkan Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon sesuai surat edaran yang ada,'' ungkapnya.

Dia meminta, masyarakat yang ingin melamar dapat masuk ke imel disnaker yakni binapenta.kotaambon@gmail.com.

"Kita buka untuk umum, kalau edaran yang diberikan tidak direspon kita akan proaktiv untuk lakukan jemput bola langsung kepada perusahaan, badan usaha maupun instansi terkait,'' tandasnya. (OR-O2).
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post