Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Pelajar SMK Dibekali Bursa Kerja

Lina Silooy 
Ambon, orasirakyat.com: Untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang dunia kerja.

Maka Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon akan menggelar sosialisasi program peningkatan kesempatan kerja melalui Kegiatan Penyebarluasan Informasi bursa Tenaga Kerja kepada para siswa lulusan SMK dalam memasuki dunia kerja.

Demikian diakui Kepala  Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon Carolina Silooy kepada wartawan.

 Menurut dia, sosialisasi bursa kerja yang dilakukan pihaknya, untuk mempermudah siswa dalam memperoleh pekerjaan yang sesuai bidang saat lulus nanti, karena itu tujuan bursa kerja sebagai wadah dalam mempertemukan tamatan dan pencari kerja.

"Bursa kerja akan membantu menyalurkan para siswa ke dunia kerja,''katanya.

Dia mengatakan, sosialisasi bursa tenaga merupakan program rutin yang akan dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon bersama Dinas Pendidikan Provinsi Maluku agar, para lulusan SMK dapat memperoleh pekerjaan dengan mudah.

"Bursa kerja dapat mempertemukan calon pencari kerja dengan pengusaha. Selain itu, dalam kegiatan kali ini kita juga ingin membekali para siswa untuk mengetahui informasi tentang dunia kerja, memberikan gambaran soal hak dan kewajiban dari tenaga kerja,paparnya.

Dia mengakui, setiap SMK wajib membentuk  bursa kerja khusus yang bertugas untuk sebuah lembaga yang dibentuk di SMK negeri dan swasta sebagai unit pelaksana bursa kerja khusus yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja.

"Nanti, kami akan mengadakan bursa kerja khusus di setiap SMK. Lulusan SMK memang dipersiapkan untuk bisa langsung bekerja sehingga diharapkan pihak sekolah punya jejaring kerja dengan pihak perusahaan,” ungkapnya.(OR-O2)
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post