Close
Close
Orasi Rakyat

Gainau-Hamu Lolos Jadi Calon Bupati




Pasangan Abraham Gainau-Djafruddin Hamu.  
Aru, Berita Nusantara.com: Polemik dan persoalan terkait  gugatan pasangan calon Bupati Abraham Gainau dan Djafruddin Hamu, akhirnya terjawab sudah.

Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Aru akhirnya memutuskan mengakomodir pasangan Abraham Gainau-Djafruddin Hamu.

Ketua Panwaslu Kabupaten Kepulauan Aru, Moksen Sinabu yang dikonfirmasi via ponselnya,Kamis (10/9) tidak mau berkomentar banyak ke publik.

“Keputusan dalam rapat pleno hari ini memutuskan untuk memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengakomodir pasangan Abraham Gainau- Djafruddin Hamu dalam bursa pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada akhir tahun ini,”ujar Sinabu sembari menambahkan keputusan tersebut final dan mengikat.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Musa Toekan yang dikonfirmasi mengatakan apa yang dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten Aru bersifat final dan mengikat.Namun demikian, dirinya sangat menyayangkan keputusan tersebut.

“Kami sangat menyayangkan keputusan yang diputuskan oleh Panwaslu Kabupaten Aru,tapi semuanya sudah bersifat final dan mengikat sehingga keputusan tersebut tidak lagi diganggu gugat oleh penyelenggara lainnya,”ungkap Toekan.

Toekan menambahkan,keputusan yang diambil oleh Panwaslu menuai ketidak adilan dari para pihak. Menurutnya, penggugat yang keberatannya ditolak, bisa melanjutkan gugatannya pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) atau Mahkamah Agung (MA).

Sementara itu, Pilkada Aru yang diprediksi akan diikuti oleh dua pasangan calon yakni, Wellem Kurnala-Asis Goin yang direkomendasikan PDIP, PAN dan Hanura, sertaJohan Gonga-Muin Segalrey yang diusung Nasdem, PKS, dan Demokrat.

Kini tentu akan mengalami perubahan, setelah diakomodirnya Gainau-Hamu. (OR-08)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama