Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Sambut Penetapan Maluku Sebagai LIN, IAKO Laksanakan Lokakarya

Ambon, Berita Nusantara.com:  Dalam menyambut implementasi penetapan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) maka salah satu perguruan tinggi di Maluku yaitu Institut Agama Kristen Oikumen (IAKO) Indonesia Timur (Intim) Ambon merasa ikut bertanggung jawab dengan melakukan lokakarya.

Demikian penegasan Rektor IAKO Intim Ambon Pdt Prof. Dr (HC) Nuniary. M. Min kepada wartawan di Kampus IAKO Intim Ambon Kamis (15/1/2015).

Dalam lokakarya tersebut Nuniary memberikan materi Pembangunan dan pengembangan SDM-SDA Provinsi Maluku tahun 2015-2020. Alasan pemilihan materi tersebut karena data Statistik Nasional, Maluku adalah provinsi termiskin nomor satu di Indonesia karena sumber daya manusia sangatlah jelek.

Nuniary meminta agar akademisi Unpatti bisa melakukan sherring dengan dirinya agar peningkatan kualitas sumber daya manusia di Maluku bisa ditingkatkan secara vokasional, karena kalau secara akademik dirasakan masih kurang.

Salah satu materi dalam lokakarya yang akan diberikan Nuniary adalah Implementasi Penangkapan/Budidaya Ikan Dengan Teknologi BUBU sangatlah penting karena ramah lingkungan.

Dikatakan, selama ini masyarakat dalam menangkap ikan selalu menggunakan BOM dan alat-alat yang menghancurkan lingkungan dalam laut, tetapi kalau menggunakan Bubu lingkungan akan selalu terawat.

Untuk mempergunakan BUBU hanya dalam kedalaman 3 meter lamong, 5 dan 7 meter di karang terumbu, dan hasil analisa yang dibuat sementara oleh IAKO, dalam sebulan bisa menghasilkan ikan sebanyak 250 ton untuk 10 jenis ikan.

Dalam membuat BUBU tidak terlalu sulit, sebab bahan-bahan yang diperlukan gampang didapatkan seperti bambu. Untuk itu hasil analisa tersebut nantinya akan dibahas pada Lokakarya yang akan digelar oleh IAKO Intim Ambon.

Nuniary berharap, ada keseriusan dari Gubernur Maluku melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku agar dapat membantu lokakarya yang akan dilaksanakan, dan tidak menganggap remeh IAKO Intim Ambon.(OR-03)
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post