Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

KPK Diminta Usut Proyek Air Bersih di Negeri Kariu

Masyarakat Negeri Kariu Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah kecewa dengan proyek air bersih yang dikerjakan tahun anggaran 2013 lalu, karena sampai saat ini tidak memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat.
Masohi, Berita Nusantara.Com: Masyarakat Negeri Kariu Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah kecewa dengan proyek air bersih yang dikerjakan tahun anggaran 2013 lalu, karena sampai saat ini tidak memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat.

Hal ini diungkapkan seorang tokoh masyarakat Negeri Kariu yang tidak mau namanya dipublikasikan. Sebut saja (Leo) pasalnya sejak proyek tersebut dikerjakan hingga kini airnya tidak jalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut Leo, paket pekerjaan "Pembangunan SPAM Desa Rawan Air Desa Kariu Kecamatan Pulau Haruku" milik Ditjen Cipta Karya dengan Satker Pengembangan Kinerja Pengelolaan Air Minum Maluku yang bersumber dari dana APOR tahun anggaran 2013 sebesar Rp.748.727.000, yang dikerjakan oleh CV Tunggal Jaya beralamat di Jln. Tulukabessy RT 003/01 Kota Ambon, hingga kini masyarakat tidak menikmati hasil dari proyek tersebut alias airnya tidak jalan, ungkap Leo.

Leo beberkan kalau proyek pekerjaan "Pembangunan SPAM Desa Rawan Air" di Negeri Kariu dengan Nomor Kontrak KU.08.08/SP/FSK-APOR/PKPAMM.WIL-I tertanggal 26 Maret 2013 yang di kerjakan oleh CV.Tunggal Jaya dengan Nomor Surat Penunjukan KU.08.01/SPPBJ/PKPAMM/FSK/2013/06 tanggal 13 Maret 2013 tersebut tidak menyentuh kepentingan masyarakat.

Bagaimana air mau jalan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, kalau dalam pelaksanaan pemasangan pipa di atas ketinggian dari permukaan air sehingga kemampuan air tidak bisa sampai pada pemasangan pipa tersebut, mengakibatkan air tidak bisa mengalir ke masyarakat.

Inikan namanya proyek abunawas dan asal-asalan, sehingga mengakibatkan kerugian besar bagi masyarakat maupun kerugian keuangan Negara ratusan juta rupiah.

Olehnya itu selaku masyarakat di Negeri Kariu Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah, Leo sangat berharap agar pihak penegak hukum seperti Kejaksaan ataupun KPK supaya bisa melakukan investigasi sekalugus memproses hukum Direktur CV.Tunggal Jaya,"pinta Leo.

Sampai saat ini Negeri Kariu masih sangat membutuhkan sarana dan prasarana air minum untuk pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat,"pintanya.(OR-08)
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post