Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Harga BBM Turun, Distributor Harus Sesuaikan Harga Bahan Pokok

Ambon, Berita Nusantara.Com: Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Ir. Frangky Papilaya, M.Si kepada wartawan di ruang kerjanya Jumat (9/1/2015) mengatakan, surat dari Dirjen Perdagangan mengatakan seluruh Dinas Perdagangan Provinsi harus mengambil langkah-langkah komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Kabupaten/Kota dan para Distributor untuk menyesuaikan harga bahan pokok dengan adanya penurunan Harga BBM.

Untuk itu dalam waktu dekat Disperindag Maluku akan mengundang para Distributor untuk membicarakan surat dari Dirjen Perdagangan tersebut, dan akan diteruskan kepada para pelaku usaha yang ada di Kabupaten/Kota.

Dalam rangka penyesuaian harga bahan pokok tersebut menurut Papilaya tidak bisa langsung jadi, karena kebutuhan bahan pokok tersebut pastinya ada stock ada yang sudah dibeli pada saat kenaikan harga BBM sehingga tidak bisa langsung menyesuaikan dengan harga baru, karena dari sisi ekonomi pelaku usaha pasti alami kerugian.

Pihaknya akan melakukan pengawasan dan pengecekan sehingga bisa mengambil langkah-langkah kalau bahan kebutuhan pokok tersebut dibeli dengan harga pada waktu kenaikan harga BBM atau pada saat penuruan harga BBM, sehingga bisa dilakukan penyesuaian.

Ditambahkan, pihaknya mempunyai data dari para Distributor sehingga mereka tidak bisa akal-akalan dengan harga stock kebutuhan bahan pokok, dan dalam waktu dekat Disperindag akan meminta data baru dari pengusaha karena selama ini sudah ada komunikasi dari Surabaya.

Yang menjadi masalah adalah pengecer, karena pengecer tidak ada kewenangan dari Provinsi melainkan Kabupaten/Kota, sehingga kalau ada temuan spekulasi yang dilakukan oleh para Distributor maka ada sangsi yang diberikan secara bertahap berupa teguran, pembinaan, teguran pertama dan kedua barulah dicabut SIU.

Dikatakan, saat kenaikan harga BBM untuk di Maluku tidak berpengaruh, walaupun berdampak pada kebutuhan-kebuutuhan bahan pokok namun bisa dikendalikan, walaupun ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan dan dirasakan, tetapi masih bisa dikendalikan dengan adanya langkah-langkah yang diambil Pemerintah Daerah.(OR-08)
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post