Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

BPAD Promal Tetap Sosialisasi Minat Baca

Drs. Femmy Sahetapy, M.Si
Ambon, Berita Nusantara.Com: Program Perpustakaan Nasional adalah meningkatkan minat baca di seluruh wilayah Indonesia, maka Perpustakaan Nasional melalui programnya memberikan bantuan buku bagi desa/kelurahan di seluruh Indonesia.

Demikian penjelasan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Maluku Drs. Femmy Sahetapy, M.Si kepada Tribun-Maluku.Com diruang kerjanya Selasa (20/1/2015).

Menurut Sahetapy, sejak tahun 2007/2008 Perpustakaan Provinsi Maluku diberikan jatah bantuan buku untuk perpustakaan 900 desa/kelurahan data tahun 2013 sesuai SK Gubernur Maluku, sehingga diprediksi tahun 2015 seluruh desa di Maluku sudah bisa terlayani perpustakaan desa itupun kalau jalan secara konsisten.

Namun setelah ada pemekaran wilayah maka ada dusun berubah menjadi desa seperti di Kabupaten Maluku Tenggara, Seram Bagian Timur dan Buru, maka desa menjadi bertambah sehingga tidak memenuhi prediksi.

Dikatakan, bantuan buku dari Perpustakaan Nasional untuk sementara berhenti di tahun 2014 dan 2015 karena seluruh anggaran diarahkan untuk membangun gedung Perpustakaan Nasiona  di Jakarta sebagai icon.

Untuk itu, seluruh Provinsi di Indonesia dijanjikan untuk mendapat bantuan buku dari Perpustakaan Nasional di tahun 2016 nanti.

Walaupun demikian BPAD Provinsi Maluku tetap melaksanakan sosialisasi minat baca melalui lomba berceritera, lomba perpustakaan desa dan sekolah serta layanan keliling dan  layanan umum tetap jalan.

Tahun 2015 ini melalui dana APBD Provinsi Maluku  BPAD Provinsi Maluku memberikan bantuan buku kepada Perpustakaan Kabupaten/Kota, untuk memperkuat kapasitas dalam sisi layanan.(OR-08)
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post