• Headline News

    Rabu, 13 Januari 2021

    Siap Divaksin Pertama, Bupati Buru Minta Masyarakat Jangan Takut


    Namlea,  Orasirakyat.com

    Bupati Buru,  Ramly Ibrahim Umasugi siap divaksin Bersama Forkopimda di hari pertama. Dihubungi lewat telepon Rabu (13/01/2021), Bupati Buru,  Ramly Ibrahim Umasugi yang sedang bertugas di luar daerah ini,  menyatakan akan segera kembali ke daerahnya guna menjalani vaksin pertama bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 


    Bupati menjelaskan, pemerintah  memastikan vaksinasi Covid-19 produk Sinovac dimulai hari ini, Rabu, 13 Januari 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran menteri kabinet Indonesia Maju menjadi penerima vaksin pertama.


    Langkah tersebut dilakukan setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memberi label halal dan suci untuk vaksin tersebut. Sementara itu, Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) juga telah menerbitkan izin darurat penggunaan vaksin Sinovac pada Senin kemarin.


    Bupati yang juga Ketua Umum DPD I Partai Golkar Maluku meminta masyarakat agar tidak ragu bila kelak akan divaksin di tahap berikut. Namun warganya tetap diingatkan agar vaksinasi tidak boleh dijadikan alasan bagi masyarakat untuk mengabaikan protokol kesehatan.


    "Kita tidak boleh lengah, semua pihak tetap waspada terhadap Covid-19. Masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," pinta bupati. 


    Selaku Ketua DPD I PG Maluku,  Ramly Umasugi mendukung penuh program vaksinasi tersebut dan meminta masyarakat untuk tidak ragu akan kualitas vaksin yang disiapkan pemerintah secara gratis.


    “Presiden sudah memberikan contoh sebagai prototype vaksin Covid. Itu artinya vaksin Covid ini aman. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kita menolak vaksin,” tutur Ramly. 


    Sementara itu, Jubir Satgas Penanggulangan Covid Kabupaten Buru, Nani Rahim dihubungi terpisah turut membenarkan kalau Bupati dan Forkopimda yang nanti bakal menjalani vaksin di hari pertama. 


    Sesuai jadwal, kegiatan vaksin pertamakali di kabupaten Buru ini akan dilaksanakan tanggal 15 Januari 2021.Namun jadwal itu bisa saja molor sebab Pemkab Buru sampai hari ini belum menerima vaksin tersebut. 


    Ditanya lagi apakah sudah ada khabar kapan vaksin tersebut akan tiba,  Nani mengaku khabar pastinya belum mereka terima. 


    "Belum ada info. Kemungkinan akhir Januari atau awal Februari," kata Nani Rahim. 


    Lanjut Nani Rahim,  pada saat vaksin tiba ada acara launching oleh bupati sekaligus penyuntikan perdana yang juga melibatkan forkopimda sesuai surat edaran Gubernur Maluku. 


    Untuk kepentingan dimaksud, agar vaksin tahap pertama ini berjalan lancar,  kata Nani Rahim, masih sementara dikoordinasi dengan seluruh Forkopimda di daerah itu. 

    Bila semuanya berjalan lancar,  maka Bupati, Wabup, Dandim 1506 Namlea, Kapolres Pulau Buru,  Kajari Pulau Buru, Ketua Pengadilan Negeri Namlea, Ketua dan Pengadilan Agama Namlea, yang akan masuk klaster pertama divaksin. 


    "Sementara masih kita koordinasi dengan forkopimda," akui Nani Rahim. 


    Nani Rahim juga menjelaskan soal surat edaran  Gubernur Maluku Nomor 027 / STP-PROMAL/I/2021, tanggal 11 Januari 2021, perihal Pemberitahuan Pelaksanaan Vaksinasi Perdana di Kabupaten/Kota se- Provinsi Maluku.


    Dalam surat itu disebutkan,  bahwa Pemerintah telah menetapkan pelaksanaan vaksinasi perdana di tingkat nasional pada tanggal 13 Januari 2021 dan selanjutnya diikuti pelaksanaan vaksinasi di daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota.


    Menindaklanjuti hal dimaksud, disampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi perdana di Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota se-Maluku dilakukan secara serentak pada tanggal 15 Januari 2021.


    Sehubungan dengan itu, krlompok pertama yang divaksin adalah pejabat publik bupati/walikota dan Forkopimda. Sekda, Kadis Kesehatan dan Dirut RSU juga masuk klaster pertama yang vaksin.


    Setelah itu masuk kelompok kedua,  pengurus asosiasi profesi dan tenaga kesehatan. Kemudian lanjut kelompok ketiga pimpinan organisasi keagamaan. (OR/Yun)


    loading...

    BACA JUGA

    loading...

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Siap Divaksin Pertama, Bupati Buru Minta Masyarakat Jangan Takut Rating: 5 Reviewed By: A L
    loading...
    Scroll to Top