• Headline News

    Selasa, 13 Oktober 2020

    Seruduk Kantor Bupati SBB, AMAN Taniwel Tolak Tambang Marmer

    PENGUMUMAN PENDAFTARAN BAKAL PASANGAN CALON DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BURU SELATAN TAHUN 2020
    Download / Preview


    Piru, Orasirakyat.com  

    Aliansi Masyarakat Adat Negeri ( AMAN) Taniwel menggelar aksi demo penolakan tambang batu marmer oleh PT, Gunung Makmur Indah yang akan beroperasi di wilayah Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, Senin (12/10/2020).


    Dalam seruan aksi yang berlangsung di halaman Kantor Bupati SBB, terlihat pamplet dari kertas manila yang bertuliskan. "Kalian Kami Hormati Harap Kami Kalian Hargai "Jati Diri Kami Tidak Bisa Kalian Beli. " Tambang Virus Mematikan Harus Dibasmi " Jual Tanah Hilang Nyawa", Jangan Perkosa Tanah Leluhur Kami".


    Selain itu pula, Korlap Nasario Nauwe dalam orasinya singkatnya meminta Bupati SBB Moh Yasin Payapo agar segerah membatalkan rekomendasi tentang izin pertambangan yang dikeluarkan oleh pemda SBB kepada PT Gunung Makmur Indah untuk melakukan operasi penambangan batu marmer diwilayah Taniwel.


    " Tanah kami tanah adat, Bupati SBB legalitasnya sebagai anak adat ataukah bukan, Kami masyarakat negeri Taniwel hidup sampai dengan saat ini bukan dengan tambang tapi kami hidup dengan hasil bumi seperti cengkeh dan lainnya" ujarnya.


    Penolakan terhadap tambang marmer, menurutnya dengan hadirnya PT Gunung Makmur Indah untuk mengeksplorasi tembaga batu marmer akan berakibat fatal, dan merusak lingkungan serta membawa dampak buruk yang akan dirasakan oleh masyarakat yang berada diwilayah tambang tersebut, 


    "Kami masyarakat adat negeri Taniwel dalam sangat bergantung pada wilayah hutan gunung Nakaela yang kami miliki secara turun temurun baik di wilayah hutan yang dikelola secara bersama maupun dikelola secara bersama sesuai marga dalam Soa" jelasnya 


    Dalam aksi tersebut ada 5 poin tuntutan masyarakat negeri adat taniwel yang disampaikan secara tegas bahwa . 


    Mereka meminta Pemda Kab SBB menghargai kedaulatan atas hak-hak adat kecamatan Taniwel khususnya negeri Taniwel. Menolak dengan tegas segala upaya eksplorasi maupun eksploitasi tambang marmer oleh PT. Gunung Makmur Indah di hack oleh masyarakat adat taniwel.


    Selanjutnya, mereka mendesak Bupati Seram Bagian Barat Moh Yasin Payapo segera mencabut surat rekomendasi yang diberikan kepada PT. Gunung Makmur Indah tentang izin usaha pertambangan. dan Meminta DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat untuk mendesak Bupati Moh Yasin Payapo segera menghentikan segala izin usaha pertambangan yang ada di negeri Taniwel. Serta meminta DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat untuk mengawal seluruh aspirasi masyarakat adat negeri Taniwel. (OR/MFS)


    loading...

    BACA JUGA

    loading...

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Seruduk Kantor Bupati SBB, AMAN Taniwel Tolak Tambang Marmer Rating: 5 Reviewed By: A L
    loading...
    Scroll to Top