Close
Close

Ternyata Sebagian Besar Nyamuk Dapat Sebarkan Penyakit Kaki Gajah




Lagu Terbaik Tahun 2021
Ambon, orasirakyat.com: Filariasis atau kaki gajah adalah pembengkakan tungkai akibat infeksi cacing jenis filaria. Cacing ini menyerang pembuluh getah bening dan ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Sebagian besar nyamuk dapat menyebabkan penyakit kaki gajah atau filariasis.
Penyaki kaki Gajah

Demikian diakui oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian penyakit menular Dinas Kesehatan Kota Ambon Ferry Tahalea, kepada wartawan di Ambon.

Tahale menjelaskan, penularan penyakit kaki gajah dapat terus tertular apabila seseorang mendapat gigitan nyamuk infektif, karena penularan kaki gajah lanjut dia, disebabkan oleh tiga unsur diantaranya, manusia yang mengandung mikroflaria dalam darahnya, nyamuk yang dapat menularkan filariasis serta manusia yang rentan terhadap filariasis.

 "Semua nyamuk bisa menularkan filariasis diantaranya, nyamuk rumah, nyamuk got, nyamuk hutan dan nyamuk rawa-rawa makanya, sebagian besar nyamuk dapat menyebabkan penyakit kaki gajah," ungkapnya.

Dia menerangkan, target Dinas Kesehatan Kota Ambon agar, semua masyarakat dapat mengkonsumsi obat kaki gajah sebesar 85 persen.

"Sesuai target semua masyarakat harus melakukan konsumsi obat kaki gajah sebanyak 85 persen namun, masih ada masyarakat yang ragu-ragu padahal, obat kaki gajah untuk memberantas cacing" ujarnya.

Dia berharap, semua masyarakat dapat mengkonsumsi obat sakit gajah secara teratur sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga program eliminasi filariasis dapat berjalan dengan baik.

"Kita berupaya pada tahun 2020 menuju eliminasi filariasis dapat berjalan dengan baik, sehingga tidak ada lagi kaki gajah di kota ambon sesuai dengan hasil kesepakatan bersama," Tegasnya (OR-02)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama